Apa itu bahasa Assembly?..,Mengenal Bahasa Rakitan(Assembly)--> Belajar Bahasa Assembly

Mengenal Bahasa Rakitan
      
    Bahasa Rakitan meningkatkan pemahaman tentang level bahasa yang lebih rendah. dengan mempelajari bahasa rakitan akan mudah memahami interaksi hadware dan software komputer.
       
Bahasa Rakitan (Assembly) adalah bahasa pemrograman dengan korespondensi satu-satu antara perintah-perintah / pernyataannya dan bahasa mesin komputer. Dengan kata lain bahasa assembly langsung berinteraksi dengan bahasa mesin. Bahasa rakitan berbeda - beda sebagai mana CPU komputer pun bermacam-macam. Setiap bahasa rakitan tergantung oleh set instruksi mesin komputer dan arsitektur perangkat keras.

Assembler adalah program yang menerrjemahkan program yang ditulis dalam bahasa rakitan ke dalam bahasa mesin, yang dapat di eksikusi oleh komputer.

Bahasa rakitan disebut bahasa level-bawah karena dalam struktur dan fungsi dekat dengan bahasa mesn. Sebaliknya, bahasa tingkat tinggi seperti Basic, Pascal, Java, C dan lain-lain mempunyai perintah yang handal yang diterjemahkan kedalam berbagai instruksi mesin oleh compiler.

Mengapa mempelajari bahasa rakitan
Berbagai alasan mengapa mempelajari bahasa rakitan. Salah satu alasan adalah untuk mempelajari arsitektur komputer dan sistem operasi. Alasan lain adalah karena kegunaan pemrograman tentu yang sulit atau tidak mungkin dikerjakan bahasa tingkat tinggi. Contoh dengan mengunakan bahasa rakitan leluasa untuk mengunakan register-regester yang ada di komputer.

Comments

Popular posts from this blog

Menggunakan Driver Motor IBT-2 BTS7960 dengan arduino

Register-Register pada CPU--> Arsitektur komputer

Komunikasi Serial pada Arduino