Menggunakan load cell 50 kg dengan Arduino

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Sensor Load Cell merupakan komponen yang dapat mengubah tekanan dari suatu beban menjadi sinyal listrik yang dapat diukur. Konversi terjadi secara tidak langsung dalam dua tahap. Lewat pengaturan mekanis, gaya tekan dideteksi berdasarkan deformasi dari matriks pengukur regangan (strain gauges) dalam bentuk resistor planar. Regangan ini mengubah hambatan efektif (effective resistance) empat pengukur regangan yang disusun dalam konfigurasi jembatan Wheatstone (Wheatstone bridge) yang kemudian dibaca berupa perbedaan potensial (tegangan). berikut gambar tangkaian jembatan Wheatstone.
VEX dikenal sebagai tegangan konstan dan VO diukur  Jika semua resistor seimbang, artinya R1/R2 = R3 / R4 maka Vo adalah nol. Jika ada perubahan nilai salah satu resistor maka Vo akan menghasilkan perubahan nilai yang dapat diukur dan ditafsirkan menggunakan hukum Ohm. V=I.R

Pada load cell, resistansi pada jembatan Wheatstone diganti dengan pengukur regangan dalam pengukuran tegangan dan kompresi bergantian. Keika load cell di beri beban maka resistansi di setiap pengukur regangan berubah dan mengakibatkan ada perbedaan tegangan yang dapat diukur. Penerapan jembatan Wheatstone pada load cell ditunjukkan pada gambar berikut:


Dalam menggunakan load cell membutuhkan penguat tegangan karena tegaangan keluaran sangat kecil dan juga membutuhkan ADC(Analog to Digital Converter) sebagai interface ke mikrokontroler. Pada tutorail ini menggunakan modul HX711 yang telah include di dalamnya penguat tegangan dan ADC.

Modul HX711 adalah sebuah komponen terintegrasi dari Avia Semiconductor, HX711 presisi 24-bit analog to digital converter (ADC) yang dirancang untuk sensor timbangan digital dan industri kontrol aplikasi untuk interface langsung dengan sensor jembatan, Modul HX711 juga telah dilengkapi penguat dengan penguatan 32, 64 dan 128 kali.


Pada tutorial ini digunakan sebagai interface sensor load cell dengan mikrokontroler. HX711 membaca keluaran dari sensor load cell berupa data analog dan di convert ke digital, keluaran dari modul HX711 akan dijadikan masukan mikrokontroler.

erikut spesifikasi dari Modul HX711:
  • Tegangan operasi 2,6 – 5,5 Volt
  • Konsumsi Arus < 1,5 mA
  • Penguatan 32 , 64, 128
  • ADC 24 bit
  • memiliki digital interface
Setelah memahami konsep load cell yok langsung ke tutorialnya:
Berikut rangkaiannya:

- Arduino
- Load cell 50 kg
- HX711
- Resistor 1K ohm
 


Setelah menghubungkan sensor ke module HX711 dan ke Arduino berikutnya kita langsung memprogramnya……

langkah pertama includekan library HX711 ke aplikasi ide.

berikut librarynya nya: 

code:

#include "HX711.h" // library hx711
#define DOUT   9     // pin data
#define CLK     10    // pin clock

HX711 scale(DOUT, CLK); //

float calibration_factor = 7050; // ini nilai yang akan di ubah” agar berat beban sesuai dengan                                                                     pengukuran (unutk kalibrasi)
void setup() {
Serial.begin(9600);
scale.set_scale(); scale.tare();
long zero_factor = scale.read_average();
}

void loop() {
scale.set_scale(calibration_factor);
float g = scale.get_units(), 1;
float kg = g / 1000;
Serial.print("berat = ");
Serial.print(kg);
Serial.println(" kg");
delay(300);
}

yok langsung di coba….
Semoga dapat membantu teman-teman yang lagi belajar atau pun yang lagi ngerjakan project…..


kalau ada pertanyaan langsung tanya di halaman komentar aje…..


Comments

Popular posts from this blog

Menggunakan Driver Motor IBT-2 BTS7960 dengan arduino

Register-Register pada CPU--> Arsitektur komputer

Komunikasi Serial pada Arduino